Kamis, 27 Oktober 2016

Inilah Cara Membedakan Berlian Asli dengan yang Palsu


Ciri berlian asli menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menarik untuk disimak. Berlian menjadi salah satu jenis perhiasan di dunia bersifat eksklusif. Dalam arti, tidak banyak orang yang memilikinya.


Khususnya cincin berlian yang benar-benar asli atau original. Bukan berlian palsu atau abal-abal yang terbuat dari bahan kaca ataupun sejenisnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda pun mengenai ciri-ciri berlian yang asli. Dengan begitu, Anda dapat menentukan sendiri ingin memiliki dan memakai berlian yang mana, apakah yang asli atau palsu.
Lalu, bagaimana cara membedakan berlian asli dengan yang palsu agar tidak tertipu saat membelinya? Agar tidak menambah penasaran Anda sekalian, silakan menyimak informasi di bawah ini.

Jenis batuan paling keras

Perlu Anda ketahui bahwa berlian merupakan jenis batu paling keras di permukaan bumi. Bahkan, saking kerasnya berlian dapat menggores lapisan kaca dengan ketebalan tertentu hingga terpotong atau pecah. Oleh karena itu, Anda yang memiliki berlian sekarang dan cepat rusak hanya dengan benturan ringan. Sepertinya, perlu dipertanyakan lagi keaslian berlian tersebut.

Memiliki banyak warna

Anda biasanya melihat berlian dengan warna bening berkilauan. Namun kenyataannya, berlian memiliki banyak warna. Warna bening berkilauan tersebut hanya satu dari sekian banyak warna yang dimiliki oleh berlian. Sementara itu, diketahui ada tiga warna berlian asli yang langka di bumi, yaitu pink (merah muda), kuning, dan biru. Memang tidak umum berlian memiliki salah satu dari ketiga warna tersebut sekarang. Oleh karena itulah, ketiga warna berlian itu sangat langka.

Refleksi yang tidak jelas

Refleksi atau pencerminan berlian asli tidak jelas. Ciri berlian asli yang satu ini dapat Anda buktikan sendiri. Sebagai contoh, Anda menaruh berlian di atas sebuah buku dengan banyak tulisan. Jika refleksi kata-kata dari buku itu tidak jelas saat dilihat dari berlian, sangat mungkin perhiasan mahal itu asli. Namun jika sebaliknya, refleksinya sangat jelas hingga Anda dapat membaca kata-kata yang dipantulkan. Tidak menutup kemungkinan berlian tersebut palsu karena terbuat dari kaca yang dapat merefleksikan sempurna.

Tidak berkabut

Dalam arti, berlian asli tidak akan berkabut dan selalu berwarna kemilauan. Cara pembuktiannya sebagai berikut. Coba hembuskan napas pada berlian tersebut. Jika kabut segera menghilang dengan cepat, sudah pasti berlian itu asli. Namun jika kabut menghilang cukup lama, bahkan hingga digosok-gosok dengan tangan. Sepertinya, berlian yang Anda pegang terbuat dari kaca alias abal-abal.

Anti panas

Berlian asli dapat menghilangkan panas dengan cepat, meskipun cukup lama dipanaskan. Berbeda dengan berlian palsu yang tidak tahan panas, bahkan pecah hingga meleleh. Silakan coba Anda buktikan sendiri di rumah. Namun demikian, sebaiknya Anda harus berhati-hati dan jangan sampai memanaskan dengan suhu cukup tinggi.

Mengapung di air

Inilah cara membuktikan mana berlian asli dan palsu dengan cara mudah. Anda cukup memasukkannya ke dalam wadah berisi air tanah atau ledeng. Jika berlian tersebut mengapung berarti asli. Namun jika tenggelam, berarti berlian itu palsu. Hal itu dikarenakan berlian asli memiliki massa jenis kecil, dibanding batuan perhiasan lainnya. Anda pun jangan sampai terkecoh dengan trik penjual curang yang bisa menipu Anda. Penjual tersebut dapat mencampurkan beberapa berlian, lalu dimasukkan ke dalam air. Untuk lebih memastikannya lagi, silakan untuk memasukkannya satu per satu di dalam air. Dengan begitu, akan terlihat mana berlian asli dan mana yang palsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar